-->

5 Tips dan Cara Bertransaksi Online Agar Aman.

Saat ini banyak orang yang lebih memilih berbelanja online dibandingkan dengan berbelanja di toko-toko pada umumnya. Hal ini dapat terlihat dari data yang ada, jika konsumen yang memilih transaksi via online meningkat setiap tahunnya.

Banyak keunggulan dari berbelanja online, salah satunya yaitu mudah dan nyaman. Sehingga orang-orang kini tak perlu lagi bersusah-susah mengunjungi tempat perbelanjaan, cukup dari rumah saja semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan berbelanja online. Sehingga tak heran jika banyak orang yang mulai beralih ke transaksi online untuk membeli barang-barang yang dibutuhkannya.

Namun meskipun mudah dan nyaman, masih banyak orang yang mempertanyakan tentang keamanan melakukan transaksi online. Padahal banyak cara yang dapat anda lakukan agar bisa bertransaksi dengan aman dan mudah saat berbeanja online, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan.

1. Kenali Reputasi Toko Online

Ilustrasi Melihat Reputasi Toko Online

Saat ini sudah banyak situs atau toko-toko online yang beredar di masyarakat, sehingga terkadang membuat konsumen bingung untuk memilih tempat mana yang lebih murah. Namun berbelanja online tidak hanya melihat harga yang serba murah saja, penting untuk mengetahui reputasi dari toko online tersebut.
Pastikan jika tempat yang anda pilih tersebut memiliki reputasi yang baik. Anda bisa mencari tahu dari latar belakang toko online tersebut hingga testimoni dari konsumen sebelumnya. Hal ini merupakan poin dasar ketika anda ingin aman dan nyaman saat berbelanja online.

2. Bayar Lewat Rekening Penampungan Sementara

Ilustrasi Membayar Lewat Rekening Penampungan Sementara
Ilustrasi Membayar Lewat Rekening Penampungan Sementara

Cara aman lainnya yang dapat anda lakukan saat bertransaksi online adalah dengan menggunakan rekening bersama atau rekening penampungan sementara. Saat ini situs-situs belanja online memberlakukan hal ini dalam sistem pembayarannya, yang mana anda akan mentransfer uang kepada pihak penengah dan kemudian penjual akan mengirimkan barang anda.
Jika barang tersebut sudah sampai ke tangan anda, barulah pihak penengah ini akan mentransferkan uangnya kepada pihak penjual. Namun bila barang yang anda beli tidak terkirim, maka uang tersebut akan dikembalikan lagi pada anda. Cara ini memang terbilang nyaman dan aman dalam bertransaksi online.

3. Pilih Metode COD

Ilustrasi Melakukan COD

Bagi yang ingin transaksi aman, nyaman, bahkan dapat melihat langsung kualitas barang yang anda beli, sepertinya metode ini akan sangat cocok untuk dicoba. Sistem pembayaran COD atau Cash On Delivery merupakan sistem dimana pembayaran akan dilakukan ketika telah menerima barang dari kurir pengiriman. Sehingga saat barang sampai, maka Anda akan membayarnya di tempat. Cara ini terbilang aman, sehingga anda baru benar benar membayarkan barang ketika barang sudah sampai dengan aman di tangan.

4. Gunakan Layanan Internet Banking Di Rumah

Melakukan Transaksi dengan Internet Banking di Rumah
Melakukan Transaksi dengan Internet Banking di Rumah

Saat ini berbelanja via online memang menjadi pilihan bagi kebanyakan orang, mudah dan nyaman menjadi salah satu keunggulan dari berbelanja online. Anda cukup mentransferkan sejumlah uang dan kemudian mendapatkan barang yang Anda inginkan.
Apalagi dengan adanya fitur internet banking, membuat anda bahkan hanya perlu melakukannya dari rumah. Namun sebaiknya lakukan transaksi internet banking dengan menggunakan komputer pribadi atau komputer rumah. Jika melakukannya dari komputer kantor atau komputer umum lainnya, maka bisa menimbulkan risiko penyalahgunaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan pula jika komputer ataupun gadget yang anda gunakan sudah dilengkapi antivirus, sehingga risiko pencurian password dapat terhindar.

5. Waspada Penipuan

Ilustrasi Penipuan Transaksi Online
Sebagai konsumen tentunya anda harus pintar pintar memilah saat mendapatkan informasi dari toko online yang ada. Saat ini banyak sekali toko-toko online yang melakukan hal-hal nakal, mulai dari meminta informasi rekening dengan alasan yang beragam. Jangan mudah tergoda dengan promo-promo harga murah yang tidak masuk akal. Jika memang kurang meyakinkan, akan lebih baik jika anda tidak membeli barang tersebut.

Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya dan jangan lupa untuk berbelanja cerdas dan bijak. Segera melakukan pembelian Promo di blog kami, sebelum PROMO tersedia. Tetap kunjungi JualKeperluan untuk mendapatkan promo terbaik setiap harinya.

Komentar (0)

Post a Comment

wa